Browsing the archives for the bacaan category.

Kera tak berekor

bacaan

Hawa nafsu adalah kera tak berekor yang mengoceh di bagian pinggang kita ke bawah.

Jinakkan dia sesuka kita pada siang hari, maka ia mengamuk dengan liar dalam mimpi kita di malam hari.

Jika kita mengira kita aman darinya, ia mengangkat kepalanya yang buruk dan menyeringai, dan tidak ada sungai di dunia ini yang alirannya cukup dingin dan cukup kuat untuk menjatuhkannya.

Allah Yang Mahakuasa, mengapa Engkau menghiasi pria dengan mainan yang menjijikkan seperti itu ?

[Patrick A. Means, Perang Rahasia Pria hal.149]

Senang rasanya membaca pengakuan jujur seorang pria. Sejujurnya tidak ada pria yang tidak berperang dengan hawa nafsu. Sekali lagi TIDAK ADA yang terkecuali, sekalipun hamba Tuhan yang terkenal dan dipakai Tuhan secara luar biasa. Awal tahun ini, saya membaca tentang skandal seks terhadap Ted Haggard, hamba Tuhan di New Life Church. Bagi beberapa yang belum membaca, bisa membaca di jawaban.com. Sungguh satu hal yang membuat saya tertegun, apakah Tuhan salah menciptakan nafsu ? ApakahTuhan salah menciptakan pria ? Belum lagi membaca data statistik bagaimana banyaknya perilaku seksual yang menyimpang di kalangan hamba Tuhan dan pelayan Tuhan yang setia dalam pernikahan.

Wah, sungguh gereja Tuhan tidak boleh menganggap bahwa masalah hawa nafsu adalah masalah orang yang belum mengenal Tuhan. Sedangkan orang-orang yang sudah diselamatkan dan dididik dengan benar, seharusnya sudah menjadi pira sehat tanpa keinginan seksual yang menyimpang. Come on!!! Gereja sadarlah, Anda juga sedang melayani pria dengan segala pergumulannya. Plz, down to earth, jangan terlalu ngeroh dan melayang sampai langit ke tujuh.

… bersambung setelah buku selesai dibaca :)…..

2 Comments

Boy Meets Girl : Say Hello to Courtship

bacaan

boy_meets_girl

Buku yang juga dihabiskan dalam minggu ini. Dulu sempat cari-cari di VISI dan Metanoia (sekitar satu tahun yang lalu, tapi susah sekali), baru sekarang dapat kesempatan baca tentang kisah Josh Harris dan Shannon.

Buku ini menceritakan tentang :
– Bagaimana seharusnya anak-anak terang membangun hubungan dengan cara yang berbeda
– Bagaimana seorang pria yang harus menjadi pemimpin dan inisiator dalam menjalin hubungan
– Bagaimana seorang pria harus memimpin hubungan dengan bijak, sehingga tidak ada hati yang menyatu sebelum ada kepastian akan menikah (keputusan pertunangan). Ini akan sangat terasa ketika salah satu pasangan memutuskan untuk menghentikan hubungan, hati yang dijaga untuk tidak bersatu sebelum saatnya sangat membantu agar keduanya tidak menderita luka hati yang dalam.
– Bagaimana seorang pria seharusnya memperlakukan wanita sebagaimana anak-anak Allah selayaknya diperlakukan, bukan dengan cara mengambil keuntungan. Sangat ditekankan tidak adanya daging yang menyatu sebelum pernikahan dilangsungkan.
– Bagaimana setiap pria pasti bergumul dengan nafsu saat membangun hubungan
– Bagaimana menjaga keseimbangan antara asmara dan kesabaran, sehingga hubungan tidak terlalu intim sebelum saatnya dan juga tidak hambar
– Bagaimana mengambil keputusan untuk membangun hubungan dengan RightBoy atau RightGirl dengan nilai-nilai yang Alkitabiah dan tidak hanya menunggu hal-hal mistik/supranatural untuk mengambil keputusan
– Bagaimana pernikahan yang diawali dengan membangun hubungan (pacaran), pertunangan dan pernikahan yang kudus sangatlah layak untuk diperjuangkan!!!
– Bagaimana mengambil hikmat dari beberapa contoh kegagalan dan keberhasilan anak-anak muda mendapatkan pasangan yang seimbang
– Bagaimana mencari topik-topik pembicaraan untuk saling mengenal antar pribadi
– Bagaimana pemimpin rohani serta komunitas menjadi bagian dari proses membangun hubungan yang sehat
– Bagaimana Shannon dengan rendah hati mau membagikan masa lalunya yang menyakitkan. Bagaimana ia bisa berdamai dengan keputusan-keputusan yang salah dalam berpacaran, yang telah terlanjur diambil saat belum mengenal Tuhan. Bagaimana ia mengerti bahwa pengampunan Salib itu sempurna dan membuat ia sangat berharga. Bagaimana Josh menerima Shannon dengan segenap masa lalunya sebagai seorang pria yang mengerti arti pengampunan. Bagaimana Josh bergumul untuk menerima Shannon dengan masa lalunya. Great !!!
– dst…

Wah, sangat memberkati. Air mata saya berlinang saat membaca bagaimana Shannon mengaku mengenai masa lalunya di hadapan Josh dengan jujur dan pasrah mengatakan “Kamu boleh memutuskan untuk berhenti denganku setelah mendengar ini”, dan Josh menerima Shannon dengan kata-kata “Tidak apa-apa” sambil menitikkan air mata. Pasti itu saat yang tidak mudah bagi mereka berdua, tapi saya mengerti saat-saat sulit seperti justru menjadi dasar yang kuat dalam hubungan keduanya.

Bagi Boys and Girls yang mau mencari buku-buku romantika yang Alkitabiah, disarankan juga membaca”I Kissed Dating Goodby” Josh Harris (www.joshharris.com) dan “When God Writes Your Love Story” Eric-Leslie (www.setapartlife.com)

kissed_dating_gbyelove_story

8 Comments

Sebelum Terlambat Ubahlah Sikapku Tuhan

bacaan

sebelum_terlambat

Minggu ini banyak dihabiskan dengan menikmati buku-buku yang sudah lama dibeli tapi masih belum tersentuh karena kesibukan. Minggu ini adalah minggu UAS, jadi minggu yang sangat menyenangkan untuk para dosen ๐Ÿ™‚

Hari ini baru saja selesai membaca satu buah buku yang sangat luar biasa memberkati.
Sebelum terlambat, ubahlah sikapku Tuhan – James Mac Donald

Berikut sedikit resume dari buku ini :

Ganti sikap suka mengeluh…..

…. dengan sikap hati selaku bersyukur

Ganti sikap yang selalu ingin memiliki sesuatu yang bukan hak kita….

…. dengan sikap hati yang merasa berkecukupan

Ganti sikap yang suka mengkritik….

…. dengan sikap penuh kasih

Ganti sikap ragu-ragu

…. dengan sikap iman

Ganti sikap memberontak

…. dengan sikap taat

Berubahlah…. sebelum terlambat

Mengena sekali, terutama di bagian “Ganti sikap suka memberontak, dengan sikap taat”. Ternyata ada kasih karunia dan berkat Tuhan yang menunggu ketika kita bersikap taat terhadap otoritas yang berada di atas kita, bukan hanya di dalam gereja tapi juga berbicara di lingkup keluarga, pekerjaan serta pemerintahan.

Belajar untuk tetap tunduk dan taat, di saat pemimpin kita adalah pemimpin yang baik dan ramah bukanlah tantangan yang berarti. Tapi bagaimana kita belajar untuk tetap tunduk dan taat, tidak mengambil sikap memberontak, terhadap pemimpin yang tidak baik (curang, kasar, mengkhianati, tidak tahu terimakasih, dan sering melakukan kesalahan) adalah justru tantangan yang akan membuktikan tingkat penundukan diri kita terhadap pemimpin yang Tuhan tempatkan di atas kita.

Seringkali saya punya tanduk yang selalu menusuk pemimpin-pemimpin di atas saya dengan kata-kata yang congkak dan mengkritik. Seakan apa yang saya lakukan adalah hal yang benar. Tetapi ketika dibukakan mengenai Korah, Datan dan Abiram ketika menjadi pemberontak terhadap Musa dan Harun, saya jadi mengerti kenapa sikap memberontak adalah hal yang sangat mengerikan akibatnya.

Memang seringkali gagal dan gagal, tapi saya kembali diingatkan untuk mengganti sikap memberontak dengan sikap taat.

Kebenaran Firman Tuhan di I Petrus 2-3 akan membukakan mata kita mengenai sikap taat.

IPetrus 2:13-14 Tunduklah, karena Allah, kepada semua lembaga manusia, baik kepada raja sebagai pemegang kekuasaan yang tertinggi, maupun kepada wali-wali yang diutusnya untuk menghukum orang-orang yang berbuat jahat dan menghormati orang-orang yang berbuat baik.

2 Comments

The Worship Warrior

bacaan

worship_warrior

Minggu ini ngabisin baca Worship Warrior, udah 3 minggu akhirnya beres juga ๐Ÿ™‚

Dahsyat men!!!….. Kita harus menyiapkan diri jadi tentara-tentara Allah yang siap perang.

Naik dalam penyembahan
– dilatih berperang
– diberikan senjata peperangan
– dengan strategi yang dahsyat

dan turun dalam peperangan
– berperang dengan gagah berani
– dengan kemenangan yang sudah pasti dijamin
– berjuang tanpa kenal lelah

ps : Btw… ternyata eh ternyata, editor dr edisi Indo’nya adalah Josep T. Huehuehue… u did a great job Sir !

Ephesians 6 (The Armor of God)
10Finally, be strong in the Lord and in his mighty power. 11Put on the full armor of God so that you can take your stand against the devil’s schemes.

2 Comments