Browsing the blog archives for December, 2007.

Kera tak berekor

bacaan

Hawa nafsu adalah kera tak berekor yang mengoceh di bagian pinggang kita ke bawah.

Jinakkan dia sesuka kita pada siang hari, maka ia mengamuk dengan liar dalam mimpi kita di malam hari.

Jika kita mengira kita aman darinya, ia mengangkat kepalanya yang buruk dan menyeringai, dan tidak ada sungai di dunia ini yang alirannya cukup dingin dan cukup kuat untuk menjatuhkannya.

Allah Yang Mahakuasa, mengapa Engkau menghiasi pria dengan mainan yang menjijikkan seperti itu ?

[Patrick A. Means, Perang Rahasia Pria hal.149]

Senang rasanya membaca pengakuan jujur seorang pria. Sejujurnya tidak ada pria yang tidak berperang dengan hawa nafsu. Sekali lagi TIDAK ADA yang terkecuali, sekalipun hamba Tuhan yang terkenal dan dipakai Tuhan secara luar biasa. Awal tahun ini, saya membaca tentang skandal seks terhadap Ted Haggard, hamba Tuhan di New Life Church. Bagi beberapa yang belum membaca, bisa membaca di jawaban.com. Sungguh satu hal yang membuat saya tertegun, apakah Tuhan salah menciptakan nafsu ? ApakahTuhan salah menciptakan pria ? Belum lagi membaca data statistik bagaimana banyaknya perilaku seksual yang menyimpang di kalangan hamba Tuhan dan pelayan Tuhan yang setia dalam pernikahan.

Wah, sungguh gereja Tuhan tidak boleh menganggap bahwa masalah hawa nafsu adalah masalah orang yang belum mengenal Tuhan. Sedangkan orang-orang yang sudah diselamatkan dan dididik dengan benar, seharusnya sudah menjadi pira sehat tanpa keinginan seksual yang menyimpang. Come on!!! Gereja sadarlah, Anda juga sedang melayani pria dengan segala pergumulannya. Plz, down to earth, jangan terlalu ngeroh dan melayang sampai langit ke tujuh.

… bersambung setelah buku selesai dibaca :)…..

2 Comments

baidu.com

ai-tee

Baidu.com. Search engine buatan lokal China, dengan pengembangan yang sangat baik dan dukungan pemerintah yang sangat kuat menjadikan baidu.com sebagai search engine nomor wahid di negaranya.

Mengutip dari berita detikinet, “Google memang kalah cukup telak dari Baidu. Baidu menguasai 61 persen pangsa pasar di Cina dan Google hanya sekitar 30 persen saja. Di lain pihak, keperkasaan Baidu juga membuat raksasa mesin cari lainnya, Yahoo keteteran. Pangsa pasar Yahoo di Cina kini hanya mencapai sekitar 10 persen saja”.

Seringkali membaca baidu.com di beberapa media cetak dan elektronik, akhirnya saya mencoba untuk membuka dan membandingkan baidu.com dengan search engine nomor wahid di dunia (google.com). Ternyata memang 11-12 ๐Ÿ™‚

google-baidu

2 Comments

Boy Meets Girl : Say Hello to Courtship

bacaan

boy_meets_girl

Buku yang juga dihabiskan dalam minggu ini. Dulu sempat cari-cari di VISI dan Metanoia (sekitar satu tahun yang lalu, tapi susah sekali), baru sekarang dapat kesempatan baca tentang kisah Josh Harris dan Shannon.

Buku ini menceritakan tentang :
– Bagaimana seharusnya anak-anak terang membangun hubungan dengan cara yang berbeda
– Bagaimana seorang pria yang harus menjadi pemimpin dan inisiator dalam menjalin hubungan
– Bagaimana seorang pria harus memimpin hubungan dengan bijak, sehingga tidak ada hati yang menyatu sebelum ada kepastian akan menikah (keputusan pertunangan). Ini akan sangat terasa ketika salah satu pasangan memutuskan untuk menghentikan hubungan, hati yang dijaga untuk tidak bersatu sebelum saatnya sangat membantu agar keduanya tidak menderita luka hati yang dalam.
– Bagaimana seorang pria seharusnya memperlakukan wanita sebagaimana anak-anak Allah selayaknya diperlakukan, bukan dengan cara mengambil keuntungan. Sangat ditekankan tidak adanya daging yang menyatu sebelum pernikahan dilangsungkan.
– Bagaimana setiap pria pasti bergumul dengan nafsu saat membangun hubungan
– Bagaimana menjaga keseimbangan antara asmara dan kesabaran, sehingga hubungan tidak terlalu intim sebelum saatnya dan juga tidak hambar
– Bagaimana mengambil keputusan untuk membangun hubungan dengan RightBoy atau RightGirl dengan nilai-nilai yang Alkitabiah dan tidak hanya menunggu hal-hal mistik/supranatural untuk mengambil keputusan
– Bagaimana pernikahan yang diawali dengan membangun hubungan (pacaran), pertunangan dan pernikahan yang kudus sangatlah layak untuk diperjuangkan!!!
– Bagaimana mengambil hikmat dari beberapa contoh kegagalan dan keberhasilan anak-anak muda mendapatkan pasangan yang seimbang
– Bagaimana mencari topik-topik pembicaraan untuk saling mengenal antar pribadi
– Bagaimana pemimpin rohani serta komunitas menjadi bagian dari proses membangun hubungan yang sehat
– Bagaimana Shannon dengan rendah hati mau membagikan masa lalunya yang menyakitkan. Bagaimana ia bisa berdamai dengan keputusan-keputusan yang salah dalam berpacaran, yang telah terlanjur diambil saat belum mengenal Tuhan. Bagaimana ia mengerti bahwa pengampunan Salib itu sempurna dan membuat ia sangat berharga. Bagaimana Josh menerima Shannon dengan segenap masa lalunya sebagai seorang pria yang mengerti arti pengampunan. Bagaimana Josh bergumul untuk menerima Shannon dengan masa lalunya. Great !!!
– dst…

Wah, sangat memberkati. Air mata saya berlinang saat membaca bagaimana Shannon mengaku mengenai masa lalunya di hadapan Josh dengan jujur dan pasrah mengatakan “Kamu boleh memutuskan untuk berhenti denganku setelah mendengar ini”, dan Josh menerima Shannon dengan kata-kata “Tidak apa-apa” sambil menitikkan air mata. Pasti itu saat yang tidak mudah bagi mereka berdua, tapi saya mengerti saat-saat sulit seperti justru menjadi dasar yang kuat dalam hubungan keduanya.

Bagi Boys and Girls yang mau mencari buku-buku romantika yang Alkitabiah, disarankan juga membaca”I Kissed Dating Goodby” Josh Harris (www.joshharris.com) dan “When God Writes Your Love Story” Eric-Leslie (www.setapartlife.com)

kissed_dating_gbyelove_story

8 Comments

Sebelum Terlambat Ubahlah Sikapku Tuhan

bacaan

sebelum_terlambat

Minggu ini banyak dihabiskan dengan menikmati buku-buku yang sudah lama dibeli tapi masih belum tersentuh karena kesibukan. Minggu ini adalah minggu UAS, jadi minggu yang sangat menyenangkan untuk para dosen ๐Ÿ™‚

Hari ini baru saja selesai membaca satu buah buku yang sangat luar biasa memberkati.
Sebelum terlambat, ubahlah sikapku Tuhan – James Mac Donald

Berikut sedikit resume dari buku ini :

Ganti sikap suka mengeluh…..

…. dengan sikap hati selaku bersyukur

Ganti sikap yang selalu ingin memiliki sesuatu yang bukan hak kita….

…. dengan sikap hati yang merasa berkecukupan

Ganti sikap yang suka mengkritik….

…. dengan sikap penuh kasih

Ganti sikap ragu-ragu

…. dengan sikap iman

Ganti sikap memberontak

…. dengan sikap taat

Berubahlah…. sebelum terlambat

Mengena sekali, terutama di bagian “Ganti sikap suka memberontak, dengan sikap taat”. Ternyata ada kasih karunia dan berkat Tuhan yang menunggu ketika kita bersikap taat terhadap otoritas yang berada di atas kita, bukan hanya di dalam gereja tapi juga berbicara di lingkup keluarga, pekerjaan serta pemerintahan.

Belajar untuk tetap tunduk dan taat, di saat pemimpin kita adalah pemimpin yang baik dan ramah bukanlah tantangan yang berarti. Tapi bagaimana kita belajar untuk tetap tunduk dan taat, tidak mengambil sikap memberontak, terhadap pemimpin yang tidak baik (curang, kasar, mengkhianati, tidak tahu terimakasih, dan sering melakukan kesalahan) adalah justru tantangan yang akan membuktikan tingkat penundukan diri kita terhadap pemimpin yang Tuhan tempatkan di atas kita.

Seringkali saya punya tanduk yang selalu menusuk pemimpin-pemimpin di atas saya dengan kata-kata yang congkak dan mengkritik. Seakan apa yang saya lakukan adalah hal yang benar. Tetapi ketika dibukakan mengenai Korah, Datan dan Abiram ketika menjadi pemberontak terhadap Musa dan Harun, saya jadi mengerti kenapa sikap memberontak adalah hal yang sangat mengerikan akibatnya.

Memang seringkali gagal dan gagal, tapi saya kembali diingatkan untuk mengganti sikap memberontak dengan sikap taat.

Kebenaran Firman Tuhan di I Petrus 2-3 akan membukakan mata kita mengenai sikap taat.

IPetrus 2:13-14 Tunduklah, karena Allah, kepada semua lembaga manusia, baik kepada raja sebagai pemegang kekuasaan yang tertinggi, maupun kepada wali-wali yang diutusnya untuk menghukum orang-orang yang berbuat jahat dan menghormati orang-orang yang berbuat baik.

2 Comments

Goodbye Fulbright Scholarship

obrolan ringan

Bulan kemarin terima surat dari Aminef, mengatakan kalau aplikasi gue tidak bisa disertakan ke proses selanjutnya ๐Ÿ™‚ Hehehehe… Ya berarti emang bukan jodohnya dapet beasiswa ke Amrik.. hehehe… Bener-bener ketutup nih pintunya, bahkan eliminasi pertama sudah gugur ๐Ÿ™‚ tidak biasanya deh… Tapi tetep kudu bersyukur ๐Ÿ™‚ Terimakasih Tuhan.

Paling cepet masukin lagi tengah tahun depan, untuk keberangkatan taon 2009. Wah, gak bisa deh, kelamaan. Udah diminta S2 buruan nih, biar mengembangkan kapasitas. So, 1st choice masih ADS schol yg sedang didoakan dan dipuasakan!! hayah ;p…..

Belum ada backup yg laen setelah AMINEF dan ADS. Kalau memang gak diijinkan ke luar negeri, harus diputuskan deh mau S2 dalem negeri mau ke mana. Pengennya kalo gak UI yah UGM lage. Surabaya gimana yah di ITS ? Uhm…. ntar deh… heheheh… gak boleh pake ban serep dulu. Kudu perjuangin yg ADS dulu ajah!…

Caiyok……….

No Comments

Pengen les gitar euiw

obrolan ringan

Pengen banget ngeles gitar, maen gitar dari smp tapi gak maju-maju juga euiw.. gile bener!!! Tapi gak putus asa dong! Belum nyerah kalo belom babak belur… hehehe.

Emang kalo liat dari hasil tes di http://witono.mypersonality.info/, bakat musical’ku paling kecil dibandingin yang lain. Emang talentanya cuman 1 kok dari Tuhan, tapi gak boleh give-up. 1 kalo dikerjakan dengan tekun, ntaran juga bisa jadi 2, empat, 8, enem belas, etc… Hehehe… dengan iman neh ngomoongnya, bukan dengan realita ๐Ÿ™‚

Udah sempet tanya ke Elfas, streamnya ke Jazz, bayar pendaftaran 250rb, trus per month kudu bayak 125rb untuk 4×45 menit pertemuan.Gak mahal juga seh, itung-itung 31250per pertemuan, atau 700an rupiah per menit (ini miripan tarif normal telpon antar seluler per menit, hehehe…)

Rencana mau daftar dari awal bulan November, but kepotong ama trip ke Padang. Dan rencana bakal kepotong sama trip ke Pontianak juga minggu ini, tapi gak jadi karena digantiin ama Mr’Erico nan baek ๐Ÿ™‚ Tx bro. Jadi deh minggu ini mau seriusan mulai ngeles neh… beneran…. tangan kanan udah lumayan pulih, udah bisa ngeritem lah mayan ;p Caiyok….!!!…

1 Comment

God is all I need

memaknai hidup

Bener ? Gak boong po ?

Trus butuh oksigen nggak ? Butuh air minum gak ? Butuh makan gak ? Butuh teman ngga ? Butuh yg lain-lain nggak ?

Pernah merasa bersalah nyanyiin lagu-lagu semacam :
“tiada lain kuingini di bumi hanya Kau” –> ini beneran gak sih, kita gak punya keinginan lain selain Tuhan selama kita di bumi ini ? Gue tetep pengen makan enak tuh, pengen minum yg manis, pengen bisa lebih pinter, pengen bisa lebih sabar,ย  pengen tidur nyenyak… dll.. Salah dong gue? Nyanyi-nyanyi mantep, tapi boong dong! Huwe……..

atau

“lebih dari sgalanya,kuingin Kau Tuhan. Mas, perak dan permata tiada artinya….” –> Uhm, duh… bener gak ada artinya ? Kalo gak ada artinya napa tante, mbak dan oma2 semua masih nyanyi sambil pake anting2 emas bertahtakan permata ? Sini kasih saya aja kalo gak ada artinya ๐Ÿ™‚ wkekekkeee…

Hehehe…. After all, nggak bisa dimakan harafiah kali yah mengenai istilah “God is all I need, nothing else”. Bahkan di Charisma Christian Magz bulan ini (pg.64) tertulis “Hanya Ia yang kuperlukan, hanya Ia yang kuperlukan. Yesus, dan udara, dan air dan restoran Italia yang bagus, dan hubungan intim, itu yang kuperlukan” tulisan dari Dave Meurer ketika memimpin retreat kaum pria. Agak kontroversial, tapi pria mana yg menyangkalnya ?

Yang bisa saya pelajari dari semuanya, kita harus belajar mengambil keputusan untuk merasa “puas”. Puas adalah satu keputusan yang harus diambil setiap hari, sampai menjadi satu kebiasaan dan akhirnya menjadi karakter dalam hidup kita. Kita tidak lagi menginginkan sesuatu yang lebih dari berkat yang Tuhan sudah sediakan. Tuhan tau kok takaran yang terbaik buat setiap kita, jangan mengeluh lah! Kalau ada makanan dan pakaian, cukuplah itu. Cukupkanlah dirimu dengan yang ada padamu.

Jadi inget satu ayat 1Tim6:6. Memang ibadah itu kalau disertai rasa cukup, memberi keuntungan besar.

No Comments

Left-handed sementara

obrolan ringan

Dikarenakan injured, sementara gue jadi left-handed.

Hehehehe… gpp, biar otak jadi seimbang, gak logis terus tapi kreatif juga ๐Ÿ™‚

Asyik juga ternyata bisa pake tangan kiri, selama ini tidak memanfaatkan resource terpendam ๐Ÿ™‚ jarang dipake nih tangan kiri… sekarang kudu dilatih juga dah. Tx God tangan kiri gak ikutan sakit.

Setelah di advice sama beberapa orang, akhirnya kemarin ke poliklinik juga. Diperiksa untuk tangan kanan yang tambah besar bengkaknya. Ternyata tulang aman, hanya ada pembuluh darah yang putus. WHAT ?????… “Hanya pembuluh darah vena, kecil kok. Bukan arteri, kalau arteri pasti udah jejeritan. Kalau main tenis/badminton pasti sering kena. “(doctor said). Beberapa hari lagi pasti jadi biru (lebam) setelah itu baru kempes ๐Ÿ™‚

Hehehe… Tx God, today bengkak dah mayan kempes, belum biru lebam juga kok. Udah lebih banyak bisa dipakai dibandingkan kemarin yg harus diistirahatkan penuh.

After all, bersyukur diberi 2 tangan sama Tuhan.

2 Comments

Female CTO ?

obrolan ringan

Sape bilang Chief Technical Officer kudu cowok! Neh cewek yg techie banget juga ada lho…

Rabu, 05/12/2007 17:29 WIB

Cisco ‘Bajak’ Bos Motorola

Jakarta – Demi mendorong inovasi dan mengeksplorasi bisnis dan teknologi baru, Cisco Systems ‘membajak’ Padmasree Warrior, executive vice president dan chief technology officer (CTO) Motorola. Padmasree kini dipercaya untuk menduduki kursi CTO di perusahaan Cisco. ……

Link lengkap di :

http://www.detikinet.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/12/tgl/05/time/172901/idnews/862633/idkanal/319

No Comments

Gue injured juga deh

obrolan ringan

Walah, ikutan deh injured sekarang ๐Ÿ™‚

Semalem jatuh lagi !!!! Hehehee….. 2 kali jatuh dalam 2 hari ๐Ÿ™‚ walah-walah….. Sekali lagi dapet payung cantik kale!!! Tapi gak mau ah, mau dikasih hadiah juga tetep gak mau jatuh lagi, kapok!

Jadi si Jupri sudah hattrick, 3 kali nyosor aspal. Sedangkan gue baru satu kali ni nyosor aspal, mayan keras juga tuh aspal.

Tadi malem pulang jam8 dari kantor, buru-buru mau beli sesuatu di Borma sebelum tutup jam 9. Jadi rada ngebut dah lewat bandara Husein, padahal abis ujan kan licin. Lagi sepi banget, gak ada kendaraaan satupun, jalan gelap dan tiba-tiba ban depan masuk ke lubang yg cukup dalam dan besar…. Brak…… sretttttt…… 2 meter kali ngepel aspalnya. Jupri berantakan di sisi kanan, foot step tambah bengkok,shield knalpot kena juga jadi korban, body udah kayak di amplas ๐Ÿ™‚

Ini ketiga kali jatuh pakai Jupri, selalu saja tangan tetap tinggal di stang setiap jatuh lho! aneh…. Akibatnya badan sisi kanan yg ngepel aspal. Kepala aman 100%, tapi helm full-face jadi korban amplas cukup panjang. Pundak kena juga sedikit (untung kelindung tas ransel, tapi laptopnya aman kok), sedikit lubang saja di jaket kesayangan ๐Ÿ™‚ hehehe… gpp jadi tanda mata. Dengkul nyium aspal bok, akibatnya memar euiw… mayan nih gak bisa ambil tendangan penalti untuk sementara waktu (halah!! kapan juga terakhir maen bola ?? 17 agustus kmaren kali terakhir :p). Dengkul masih nyut2an buat jalan, masih mengeluarkan getah bening untuk menutup luka, tapi darah nggak ngucur.. tx God. Yg mayan sakit banget adalah tangan, tangan kiri sedikit sakit karena menahan benturan dengan stang, tangan kanan luka di telapak (karena nahan stang juga) plus bengkak di engkel! Duh gak bisa bergerak bebas, mandi juga pake tangan kiri, gosok gigi juga, nulis juga mau belajar left-handed tapi gak bisa :p Gak bisa lay-up dulu deh ๐Ÿ™‚ hihihi.. Kapan juga terakhir pegang bola basket, kayak pernah aja ๐Ÿ™‚

Untungnya ada satpam PT DI yg bantuin, disuruh nongkrong di pos dulu, dikasih minum, diajakin ngobrol biar tenang dulu dan akhirnya pulang 15menit kemudian.ย  Pas jalan, si Jupri kok jadi oleng kiye! Tambah lama tambah parah… halah, ternyata ban depan kempes. Berarti tadi cukup keras yah benturan antara lubang dengan ban depan! (jadi inget accident di depan mangga dua :p). Akhirnya dorong dah, 1 kiloan baru dapet tukang ban. Gak bisa tambal, ganti 35rb ๐Ÿ™‚ yaelah keluar duwit lagi eta ๐Ÿ™‚ hehehe… tetep bersyukur dan tersenyum, gak boleh murmurings. Akhirnya sambil nunggu motor kelar, beli kapas ama betadine, tetes2 di dengkul mayan perih juga oiw.

Beres motor, jalan pelan2 banget ke rumah, sampek rumah jam 21.30 an. Masak aer dan baca buku, trus sms cece “aku abis jatuh naek motor”, langsung dah mamah telpon dan memberikan sejuta nasehat. Tx mom for caring. Padahal mama jarang kasih sejuta nasehat, paling sering cece yg kasih tau “jangan ngebut, doa dulu kalo pergi, pelan2 kalo ujan licin, dst …”, trus kmaren minggu juga ko’Joseph dah ingetin “jangan ngebut yah!”. Yah.. dasar cowok, ndablek, nggak bisa liat gas nganggur, pasti di puter juga :p

Cece juga gak kalah paniknya… luka di mana? ada tulang yg kena gak ? trus udah diobatin? dll dsb dst… ๐Ÿ™‚ Smiling deh ada yg kuatir lebih dari gue :p padahal gue sendiri juga tenang2 aja, adem ayem di rumah sendirian sambil rada nyengir2 nahan sakit di pergelangan tangan kanan ๐Ÿ™‚

Akhirnya tidur jam1an juga deh, as usual. Nyenyak, damai.. bangun jam 5 juga enak, cuman tangan kanan gak bisa gerak normal nih masih, hehehe…. tetap bersyukur, no murmurings ๐Ÿ™‚

Note : murmurings = bersungut-sungut (KJV vers)

No Comments
« Older Posts